Kamis, 20 November 2014

KEME RIANG DALEN YO NEBANGUN KE PNPM


NEWS. Kepahiang, Tebat Karai, Penanjung Panjang (18/11/2014). Warga Desa Penanjung Panjang tersenyum lebar dengan dibangunnya jalan telford sepanjang 360 m dengan lebar 3,0 m dengan dana sebesar Rp. 63.995.000,- melalui PNPM MPd tahun anggaran 2014. Sebab, sejak tahun 2011 diusulkan kepada pihak pemerintah belum membuahkan hasil. Baru dengan Program PNPM-MPd tahun 2014 menjadi kenyataan
Jalan telford untuk akses jalan lingkungan desa menuju kebun warga serta menghubungkan dusun di Desa Penanjung Panjang yang secara topografis/geografis agak berjauhan.
Semangat dan antusias masyarakat untuk menyelesaikan pembangunan jalan tercermin dengan tingginya partisipasi warga setempat, terutama kaum perempuan yang selama ini merindukan jalan menuju usahanya (kebun, sawah, kebersihan lingkungan).
Hal ini sebagaimana diungkapkan Ibu Eli yang menyampaikan kepada Yuniati (Fasilitator Teknik Kec. Tebat Karai), “ keme riang dalen yo nebangun ke PNPM” (kami senang jalan ini dibangun oleh PNPM). Uniknya dengan semangat yang tinggi ibu-ibu bekerja dan anaknya pun ikut ke lokasi pengerjaan jalan. Itu…tampak dalam gambar salah seorang ibu membimbing anaknya menuju lokasi kegiatan.
Betapa kita memahami senangnya masyarakat yang selama ini jalannya becek dan sekarang dibangun PNPM. Belum saja dilakukan serah terima oleh TPK kepada masyarakat, warga Desa Penanjung Panjang telah memanfaatkan jalan telford dimaksud dalam kegiatannya sehari-hari. Pada proses sekarang penyelesaian laporan kegiatan dan akan dikoordinasikan dengan Kades Desa Penanjung Panjang, rencana pelaksanaan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) pada minggu ketiga November 2014.



Dari kejauhan tampak dalam gambar Bapak Camat Tebat Karai melakukan monitoring langsung ke lokasi melihat hasil pengerjaan jalan telford. Satu hal yang patut kita banggakan bahwa sebelum MDST, untuk tim pemelihara dan pelestarian prasarana telah dibentuk pada kegiatan Musyawarah Desa Pertanggung Jawaban II ( minggu III Agustus 2014). BANGGA MEMBANGUN DESA. (Yuniati Hasibuan-Fasilitator Teknik Kecamatan Tebat Karai). Tim Kreatif : Darlan Aswad, Dirsun Tarmizi, Lia Juni Lastri, Nestiawati, Edi Iskandar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar