Senin, 05 Mei 2014

Pinjam Dana SPP Kelompok Seluna Desa Kaba Wetan Kabupaten Kapahiang Provinsi Bengkulu Kembangan Usaha Kopi Luwak



Indonesia memiliki persoalan kemiskinan dan pengangguran, hal ini dapat dilihat dari 3 pendekatan yaitu : kemiskinan alami, kemiskinan struktural dan kesenjangan antar wilayah. Persoalan pengangguran lebih dipicu dari rendahnya kesempatan dan peluang kerja angkatan kerja diperdesaan. Upaya untuk Menanggulangi kemiskinan harus mengunakan pendekatan multi disiplin yang berdimensi pemberdayaan dengan menyediakan lapangan pekerjaan. Pemberdayaan yang tepat harus memadukan aspek-aspek penyadaran dan peningkatan kapasitas kerja serta pendayagunaan. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) merupakan suatu bentuk Program Nasional yang dicanangkan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. PNPM-MP merupakan program yang diupayakan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin diperdesaan dengan mendorong kemandirian dalam mengambil keputusan dan pengelolaan pembangunan yang ada di desanya. PNPM-Mandiri Perdesaan. Salah satu bentuk pelayanan masyarakat yang tujuannya memajukan masyarakat terutama kaum Perempuan (Gender) adalah melalui perguliran dana SPP.
               Untuk mewujudkan salah satu Program unggulan dari PNPM-MPd yaitu memberikan modal usaha bagi ibu-ibu agar lebih mandiri melalui perguliran dana SPP. Peran serta ibu-ibu kelompok peminjam SPP ini sangatlah penting. Dimana Peran tersebut adalah dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga, selain itu dalam pelaksanaannya kegiatan PNPM-MPd di desa  sekaligus membantu pengelolaan pembangunan di desanya.
            Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, terdiri dari 15 desa dan 1 kelurahan, dengan jumlah penduduk sebanyak 27.859 Jiwa atau 887 Kepala Keluarga (KK). Sebanyak 2661 KK (30 %) dikategorikan sebagai Rumah Tangga Miskin (RTM). Mata pencaharian utama masyarakat disini adalah buruh pabrik. Di Kecamatan  berdiri dua buah Pabrik Teh, yang pertama PT Sarana Mandiri Mukti dan yang kedua PT Taiwan. Di kecamatan ini ada juga Sumber Mata Air dan obyek Pariwisata yang sudah dikenal banyak orang tentang keindahan Perkebunan Teh. Adapun produk unggulan pertanian kecamatan ini adalah sayur mayur antara lain ; Kubis, sawi, cabe, wortel, tomat, kentang merah dan unggulan produk lain seperti palawija. Di kecamatan ini banyak juga industri Rumah Tangga antara lain;Industri Pengolah Hasil Pertanian seperti;stick wortel,stick singkong,keripik pisang,keripik bayam dll.Di kecamatan ini ada juga susu sapi perah,ternak luak dan juga lebah madu.Masyarakat kecamatan kabawetan di samping buruh pabrik mereka juga beternak sapi maupun kambing.
                   Dana SPP di kecamatan ini umumnya dimanfaatkan warga untuk penambahan modal usaha jual beli sayuran, petani sayur, warung manisan, dan usaha pembuatan aneka industri Rumah Tangga.  Usaha anggota/ kelompok penerima manfaat SPP paling berkembang dan membanggakan di kecamatan ini adalah : Usaha Kopi Luwak milik (salah satu anggota ) kelompok Seluna di desa Bukit Sari Keunggulan dari usaha/ kegiatan ini adalah penghasil kopi luak baik dalam bentuk bubuk maupun biji, dimana produk ini sudah menembus pasar luar seperti Lampung, Jakarta.  
                   Kopi Luwak memiliki rahasia kenikmatan yang menjadikan kopi tersebut memiliki rasa yang unik dan sangat nikmat. Ternyata sumber kenikmatan ini terletak pada proses fermantasi di dalam perut Luwak. Proses terbentuknya Feses Luwak berupa “gumpalan” biji kopi dimulai saat buah kopi yang sudah matang berwarna merah di makan oleh Luwak (Musang) di dalam perutnya buah kopi diuraikan oleh enzim Proteoilitik. Sementara itu, proses pengolahan kopi berupa penyangraian menghasilkan reaksi-reaksi pencoklatan menjadikan kopi ini menghasilkan rasa yang “unik”
                   Kelompok Seluna di Desa Bukit Sari melihat peluang tersebut dengan dukungan modal dari PNPM-MPd membuat Usaha Kopi Luwak. Kelompok Seluna berdiri pada tahun 2012 dengan beranggotakan 10 Orang. Dengan kepengurusan ketua Winarsih, sekretaris Sarina dan bendahara  Wiranti, serta mempunyai rutinitas kelompok setiap bulan pertemuan kelompok yang dimanfaatkan oleh kelompok dengan mengadakan arisan kelompok. Mulai mengajukan pinjaman SPP dari dana BLM pada tahun April 2012  sebesar Rp. 30.000.000,- yang lunas tanpa ada permasalahan dan tepat waktu kemudian mengajukan lagi pada April 2013 Sebesar Rp. 55.000.000,- yang juga lunas tanpa tunggakan dan tepat waktu selanjutnya pada April 2014 mengajukan lagi dana pinjaman SPP BLM  Sebesar Rp. 70.000.000,- Selain bantuan modal dari PNPM-MPd kelompok Seluna juga mendapat bantuan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Kepahiang Berupa Mesin Penumbuk/Penggiling dan Penggoreng Kopi. Dan juga mendapat bantuan dari Dinas Peternakan Kabupaten Kepahiang Berupa bantuan pembuatan kandang.  Luwak yang dibudidayakan berupa Luwak Pandan dan luwak Guling. Sedangkan Kopinya adalah kopi Arabika yang didapatkan dari petani Kopi yang sebagian besar adalah anggota kelompok SPP Seluna.
                   Hasil Usaha dari Kopi Luwak kelompok Seluna pemasarannya selain di kabupaten Kepahiang juga dipasarkan ke daerah lain seperti Jakarta dan Lampung. Dengan berbagai kemasan dari yang sachetan ukuran 0.08 gr seharga Rp.7.000,- ukuran 0.5 gr seharga Rp. 35.000,-ukuran 1.5 gr seharga Rp.100.000,- ukuran 200 gr seharga Rp. 125.000,- ukuran 250 gr seharga Rp. 170.000,-
                   Selama ini Kelompok Seluna selain mendapatkan bantuan dana dari PNPM-MPd juga melakukan pembinaan secara administrasi dan manajemen kelompok.  Pembinaaan ini dilakukan oleh yaitu PjOk Kecamatan Kabawetan yaitu Bapak Alamsyah Fasilitator Pemberdayaan Cita Wira, Fasilitator Teknik Yanggi Utama Putra. Serta dari UPK  Kecamatan Kabawetan Ketua  Wagiono Sekretaris Nani Marlina dan Bendahara Juminten dan PL Bapak Suwandi.

Untuk Pemesanan bisa menghubungi Contact Person :
1.      Bapak Alamsyah               : 082175999979

2.      Ibu Winarsih               : 085383323300/081373974689

1 komentar:

  1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus