Kamis, 10 Juli 2014

SUKSES PENGELOLAAN DANA BERGULIR TERGANTUNG KESADARAN ANGGOTA DAN PENDAMPINGAN



NEWS. Kecamatan Merigi, desa Bukit Barisan. Tingginya kesadaran anggota kelompok usaha mandiri desa Bukit Barisan mengembalikan angsuran pinjaman SPP, hal ini ditunjukkan dengan lancarnya dalam proses pengembalian angsuran tepat waktu, sesuai dengan ketentuan. Awalnya pada Tahun 2010 pinjaman anggota hanya Rp. 1.000.000,- Per-orang, sekarang sudah meningkat mejnadi Rp. 3.000.000,- per-orang pada perguliran DesemberTahun 2013.
Lancarnya pengembalian angsuran, didukung dengan pembinaan tim UPK Kecamatan terhadap anggota kelompok, terutama kaitannya dengan :
1.    Setiap anggota peminjam harus membuat Surat Pernyataan siap mengembalikan angsuran tepat waktu.
2.        Setiap peminjam harus memiliki Tabungan Tanggung Renteng.
3.       Mengingatkan kepada kelompok sebelum tanggal jatuh tempo pengembalian angsuran.
4.       Melakukan pembinaan, memberi arahan dan masukan kepada anggota kelompok bahwa manfaat SPP adalah bagi mereka sendiri dan anggota baru, jika dikembalikan tepat waktu, dan kepada anggota kelompok yang lancar mengembalikan angsuran, kedepannya bisa meminjam dana SPP lebih besar.
5.        Memberikan. Insentif Pengembalian Tepat Waktu (IPTW) sebesar satu bulan jasa angsuran.
Alhamdulillah dengan adanya pembinaan dan pemberian IPTW anggota kelompok SPP Usaha Mandiri Desa Bukit Barisan lancar dan dapat memberi bantuan social dari Surplus setiap tahunnya. BANGGA MEMBANGUN DESA. - (Rudia Iskandar, Yeni Putri Malinda, Ria Mayora- Tim UPK Kecamatan Merigi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar